Monday, July 20, 2015

Di Afrika target 90-90-90 telah tercapai, bagaimana Indonesia?



Berlangganan miling list IAS (International AIDS Society) Conference 2015, suatu even rutin yang diselenggarakan para praktisi di bidang penanggulangan HIV dan AIDS sedunia membuat pengelola blog Apa Itu HIV dan AIDS tetap update dengan perkembangan terbaru penanggulangan HIV dan AIDS didunia.

Salah satu berita yang sangat baik adalah keberhasilan negara-negara di Afrika dalam mencapai target 90-90-90 yang ditetapkan oleh UNAIDS. Apa itu target 90-90-90? Yaitu, 90% orang diperiksa (tested), 90% orang dengan HIV diterapi (treated), dan 90% orang yang telah diterapi mengalami penurunan jumlah virus (viral load) hingga tak terdeteksi (undetected).

Yang lebih mengejutkan lagi adalah, bahwa ada 2 negara Afrika yang pencapaian targetnya sangat baik, bahkan mengalahkan negara adidaya Amerika. Tabel lengkapnya saya copykan dari web aidsmap.com sebagai berikut:

Pencapaian Botswana dan Rwanda mengalahkan Amerika. Digambar ulang dengan data dari aidsmap.com


Botswana dan Rwanda menunjukkan pencapaian yang baik karena ada komitmen politis dan kepemimpinan yang kuat. Ini adalah syarat mutlak agar penanggulangan HIV dan AIDS di suatu daerah bisa berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia. Hingga saat ini saya masih berusaha mencari data-datanya. Mudah-mudahan nanti bisa didapatkan dan diposting di blog ini.

Akhirnya, selamat buat Botswana dan Rwanda. Negara yang entah dimana saya sendiri tidak tahu. Tapi nama negaranya bisa berkibar-kibar di konferensi internasional karena pencapaiannya yang baik. Mudah-mudahan Indonesia segera menyusul.

Referensi:


No comments: