Thursday, March 7, 2013

Penting! Pencegahan Infeksi Menular Seksual (IMS)


Pic Source: www.cfocstore.aosoft.com

Untuk mencegah supaya seseorang tidak mudah terkena Infeksi Menular Seksual sebenarnya mudah saja, yaitu tidak usah berhubungan seks sama sekali (Abstinensia). Tapi disadari juga bahwa seks adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi juga. Menghindari berhubungan seks dengan seseorang yang mempunyai “keanehan”pada organ genitalianya adalah cara utama supaya tidak terkena IMS. Apa yang dimaksud dengan “keanehan” tadi? Adanya tanda kemerahan pada alat kelamin, ada semacam kutil, atau ada keluarnya cairan yang tidak semestinya yang berwarna keruh dan berbau tidak menyenangkan. Cara lain adalah memastikan penggunaan “proteksi” saat berhubungan seks. Satu-satunya seks tanpa “proteksi” yang aman adalah jika anda dan pasangan yakin dan betul-betul hanya melakukan hubungan seks di antara anda berdua saja, dan anda berdua telah pernah di test minimal 6 bulan lalu dengan hasil negative untuk IMS. Jika tidak, maka di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda dan pasangan lakukan untuk menghindari terjangkit IMS:

  1. Gunakan kondom berbahan dasar lateks tiap kali berhubungan seks. Jika memakai cairan pelumas (lubrikasi), pastikan cairan tersebut berbahan dasar air, bukan minyak. Karena minyak akan mengurangi kualitas kondom yang digunakan. Gunakan kondom pada seluruh aktifitas seksual (tidak hanya pada saat coitus saja). Perlu diketahui juga bahwa kondom tidak pernah 100% efektif untuk mencegah seluruh jenis IMS atau kehamilan namun kondom akan sangat efektif sekali jika digunakan benar-benar sesuai anjuran. Pelajarilah cara menggunakan kondom dengan baik dan benar!
  2. Hindari berbagi-pakai untuk handuk dan pakaian.
  3. Selalu berbasuh sebelum dan sesudah berhubungan seks/ intercourse. 
  4. Dapatkan vaksinasi untuk Hepatitis B secara lengkap. Ada 3 seri suntikan yang harus didapatkan untuk kriteria lengkap.
  5. Lakukan test HIV. 
  6. Jika anda bermasalah dengan alkohol atau penyalah-gunaan obat, segeralah mencari pertolongan. Orang yang mabuk atau dalam pengaruh obat-obatan seringkali gagal untuk melakukan seks secara aman.
  7. Tidak melakukan seks sama sekali adalah cara paling aman untuk mencegah terjangkit IMS.
Pernah dipikirkan atau dikatakan bahwa menggunakan kondom dengan tambahan nonoxynol-9 akan membantu mencegah IMS dengan acara membunuh organism penyebab IMS tersebut. Penelitian terbaru ternyata membuktikan teori ini salah. Nonoxynol-9 ternyata bisa mengiritasi vagina dan meningkatkan kemungkinan terjangkit IMS. Rekomendasi yang digunakan saat ini adalah: tidak menggunakan kondom yang mengandung nonoxynol-9.

Bagaimana saya bisa mencegah menyebarkan IMS?

Supaya anda tidak menyebarkan IMS ke orang lain maka:

  1. Jangan berhubungan seks sampai anda berobat ke dokter.
  2. Ikuti dengan tepat semua instruksi dari dokter tentang pengobatan.
  3. Gunakan kondom setiap berhubungan seks, terutama dengan “partner” baru.
  4.  Jangan lupa kembali ke dokter untuk control dan periksa ulang. 
  5. Pastikan “partner” dan pasangan anda juga mendapatkan terapi untuk IMS.

Dikutip dan diterjemahkan dari www.webmd.com

No comments: