Wednesday, May 22, 2013

Kenali IMS - Kutil Kelamin (Condyloma Acuminata)



Para pembaca blog Apa Itu HIV dan AIDS yang setia! Seri Kenali IMS kali ini akan membahas mengenai salah satu penyakit menular seksual lainnya yang sering disebut dengan Kutil Kelamin. Nah, apa itu Kutil Kelamin dan bagaimana cara penanganannya, silahkan disimak dalam ringkasan artikel berikut ini.

Kutil kelamin (atau kondiloma acuminata, kutil dubur dan kutil anogenital) adalah gejala penyakit menular seksual yang sangat menular yang disebabkan oleh beberapa sub-jenis human papillomavirus (HPV). Penyakit ini menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit secara langsung selama hubungan seks secara oral, genital, ataupun anal dengan pasangan yang terinfeksi. Kutil adalah gejala yang paling mudah dikenali untuk infeksi HPV genital, dan tipe 6 dan 11 yang diperkirakan bertanggung jawab atas 90% kasus genital warts/ kutil kelamin.

Kutil Kelamin pada Laki-Laki (Sumber: simple-health-secrets.com)
Meskipun 90% dari mereka yang terinfeksi HPV tidak akan tumbuh kutil kelaminnya, mereka yang terinfeksi masih dapat menularkan virus ini. Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks dan kanker dubur, tetapi ini bukan jenis HPV yang sama yang menyebabkan kutil kelamin. Namun, adalah mungkin untuk terinfeksi dengan varietas yang berbeda dari HPV, seperti HPV risiko rendah yang menyebabkan kutil dan HPV risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker, baik secara bersamaan atau pada waktu yang berbeda. HPV sangat umum sehingga lebih dari setengah dari semua orang yang aktif secara seksual akan mendapatkannya di beberapa waktu dalam hidup mereka.

Tanda-Tanda dan Gejala
Kutil kelamin sering terjadi dalam kelompok dan bisa sangat kecil atau dapat menyebar ke massa yang lebih besar di daerah kelamin atau penis. Dalam kasus lain, mereka terlihat seperti batang kecil. Pada wanita mereka terjadi di luar dan di dalam vagina, pada mulut leher rahim hingga ke rahim (uterus), atau di sekitar (atau di dalam) anus. Lebih lazim ditemukan pada laki-laki tetapi gejala mungkin kurang jelas. Saat ini, untuk laki-laki biasanya terlihat di ujung penis. Dapat juga ditemukan pada bagian batang penis, pada skrotum, atau di sekitar (atau di dalam) anus. Sangat jarang, kutil kelamin dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang telah melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi. Tetapi tetap itu masih mungkin terjadi. 

Kutil Kelamin pada perempuan (Sumber: medicaljournals.se)
Partikel virus mampu menembus kulit dan permukaan mukosa melalui lecet mikroskopis (yang tak terlihat) di area genital, yang terjadi selama aktivitas seksual. Meskipun 90% dari infeksi HPV dapat dibersihkan oleh tubuh dalam waktu dua tahun setelah infeksi, adalah mungkin bagi sel yang terinfeksi untuk menjalani fase laten (masa tenang), dengan kejadian pertama atau kambuhnya gejala terjadi bulanan atau tahunan kemudian.
Berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi HPV pada fase laten dan menunjukkan tidak ada gejala luar masih rentan untuk menjadi terinfeksi. Jika seseorang berhubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi, ada kemungkinan 70% bahwa ia juga akan terinfeksi. 

Diagnosis
Diagnosis ditegakkan dengan Pandangan Mikrograf dari kutil genital dengan perubahan karakteristik (parakeratosis, koilocytes, papillomatosis). Serta menggunakan pewarnaan H & E.
Kutil kelamin, secara histopatologis, mempunyai karakteristik naik di atas permukaan kulit akibat pembesaran papila dermis, memiliki parakeratosis dan perubahan nuklir karakteristik khas infeksi HPV (pembesaran nuklir dengan bersihan perinuklear). Tes DNA tersedia untuk diagnosis infeksi HPV risiko tinggi. Karena kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe risiko rendah, maka tes DNA tidak dapat digunakan untuk menegakkan diagnosis kutil kelamin atau infeksi HPV risiko rendah lainnya.

Pencegahan
Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan Vaksinasi HPV. Gardasil (dijual oleh perusahaan Merck & Co) adalah vaksin yang melindungi terhadap jenis human papillomavirus tipe 16, 18, 6, dan 11. Tipe 6 dan 11 adalah penyebab kutil kelamin, sementara 16 dan 18 menyebabkan kanker serviks. Vaksin ini bersifat pencegahan, bukan terapi, dan harus diberikan sebelum terpapar oleh virus atau sebelum virus menjadi aktif, atau idealnya dilakukan sebelum awal aktivitas seksual. Vaksin ini disetujui oleh US Food and Drug Administration untuk digunakan baik oleh laki-laki dan perempuan sejak usia 9 tahun.
Kutil Kelamin pada Perempuan (Sumber: pathwiki.pbworks.com)
Di Inggris, Gardasil digantikan oleh Cervarix pada September 2012 untuk alasan yang tidak terkait dengan keamanan. Cervarix telah digunakan secara rutin pada wanita muda dan telah diperkenalkan sejak tahun 2008, namun hanya efektif terhadap HPV tipe 16 dan 18, yang tidak menyebabkan kutil.

Penanganan
Tidak ada obat untuk HPV, tetapi ada metode untuk mengobati kutil yang terlihat, yang dapat mengurangi infektivitas, meskipun tidak ada percobaan yang mempelajari keefektifan menghilangkan kutil yang terlihat dalam mengurangi penularan. Setiap tahun, orang Amerika menghabiskan $ 200 juta untuk mengobati kutil kelamin. Kutil kelamin bisa menghilang tanpa pengobatan, tapi kadang-kadang tumbuh menjadi berdaging, sehingga terlihat ada bagian kecil terangkat. Tidak ada cara untuk memprediksi apakah kutil akan tetap tumbuh atau menghilang. Kutil kadang-kadang dapat diidentifikasi karena mereka menjadi putih ketika asam asetat diterapkan, namun metode ini tidak dianjurkan pada vulva karena dapat terjadi microtrauma dan peradangan juga dapat muncul sebagai berwarna putih karena asam asetat. Kacamata pembesar atau colposcope juga dapat juga digunakan untuk membantu dalam mengidentifikasi kutil kecil.

Penanganan akan tergantung pada ukuran dan lokasi kutil (serta faktor-faktor lainnya), dokter akan menawarkan salah satu dari beberapa cara untuk melakukan terapi. Podofilox adalah pengobatan lini pertama dengan biaya rendah.Bentuknya berupa krim atau gel. Selain itu dapat juga dilakukan tindakan bedah dengan kauter atau menggunakan nitrogen cryosurgery. Yang perlu diingat adalah bahwa hampir semua perawatan berpotensi menyebabkan depigmentasi atau jaringan parut.

Epidemiologi
Infeksi HPV genital memiliki estimasi prevalensi di AS 10-20% dan manifestasi klinis pada 1% populasi orang dewasa yang aktif secara seksual. Kejadian infeksi HPV di Amerika telah meningkat antara tahun 1975 dan 2006. Sekitar 80% dari mereka yang terinfeksi adalah antara usia 17-33. Meskipun pengobatan dapat menghilangkan kutil, tetap saja tidak dapat menghilangkan virusnya (HPV), sehingga kutil dapat kambuh setelah pengobatan (sekitar 50-73%). Kutil juga bisa spontan mundur (dengan atau tanpa pengobatan). Di Indonesia sendiri, data rumah sakit menunjukkan bahwa penyakit kutil kelamin ini menduduki peringkat ketiga diantara PMS, yaitu sesudah uretritis gonore dan non gonore.
Kutil Kelamin pada Dubur/ Anus (Sumber: youritablets.com)

Teori tradisional mendalilkan bahwa virus tetap ada dalam tubuh untuk seumur hidup. Namun, penelitian menggunakan teknik DNA sensitif telah menunjukkan bahwa melalui respon imunologi virus dapat dibersihkan atau ditekan ke tingkat paling bawah yang dapat diukur oleh tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Salah satu studi yang memeriksa kulit kelamin untuk subklinis HPV menggunakan PCR telah menemukan angka prevalensi sebesar 10%.

No comments: