Tuesday, January 14, 2014

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Mengetahui Bahwa Anda HIV-positif?

Jika Anda baru saja menemukan bahwa Anda HIV-positif, Anda mungkin merasa kewalahan, takut, dan sendirian. Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Tak terhitung orang dan sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda dan perlu Anda ketahui bahwa ada lebih dari 100.000 orang di Indonesia yang juga HIV-positif seperti Anda dan tetap dapat melanjutkan hidupnya.

Perlu diingat bahwa menjadi HIV-positif bukanlah seperti mendapatkan hukuman mati seperti jaman dulu. HIV (Human Immunodeficiency Virus) memang menyebabkan AIDS (Acquired Immuno-Deficiency Syndrome), tapi menjadi HIV-positif tidak selalu berarti bahwa Anda sudah memiliki AIDS. Rejimen pengobatan baru telah berhasil mengubah menjadi HIV-positif menjadi kondisi yang menetap bagi banyak orang sehingga mereka tidak sampai kepada AIDS. Dengan gaya hidup sehat dan perawatan medis yang tepat, banyak orang dengan HIV-positif dapat mempunyai hidup produktif untuk waktu yang lama.

Sumber: www.aids.gov
Namun, mengetahui  bahwa Anda adalah HIV-positif tetap dapat membuat Anda terguncang. Di mana Anda harus mencari bantuan? Siapa yang harus Anda kabari pertama kali? Apa yang harus Anda lakukan pertama kali? Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda melalui masa sulit ini.

Konsultasi segera dengan dokter yang paham tentang HIV dan AIDS
Setelah mencari tahu Anda HIV-positif, ketakutan tentang masa depan mungkin akan sulit bagi Anda untuk mengambil tindakan. Tapi begitu Anda tahu bahwa Anda HIV-positif, segera kunjungi dokter yang berpengalaman menangani HIV dan AIDS secepat Anda bisa. Jangan menundanya. Dokter Anda akan menjalankan tes untuk melihat seberapa baik sistem kekebalan tubuh Anda bekerja, seberapa cepat HIV berkembang di tubuh Anda, dan seberapa sehat tubuh Anda secara keseluruhan. Dengan cara ini dan informasi lainnya, dokter Anda dapat bekerja dengan Anda untuk mengembangkan rencana perawatan yang terbaik, termasuk kapan dan bagaimana memulai perawatan. Obat HIV sering dapat memperlambat atau mencegah perkembangan HIV menjadi AIDS. Tapi jika tidak diterapi, tetap saja HIV dapat menyebabkan penyakit serius dan kematian.

Pelajari Apa Artinya Menjadi HIV-positif
Informasi adalah kekuatan, terutama ketika informasi yang Anda dapatkan, dapat menyelamatkan hidup Anda. Langkah-langkah ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil peran aktif dalam perawatan Anda:
  1. Baca tentang HIV dalam bagian lain dari blog ini. Kunjungi pula banyak sumber informasi lainnya. Beberapa link dalam blog ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  2. Carilah informasi dari pemerintah atau organisasi pendidikan nirlaba yang fokus pada HIV dan AIDS.
  3. Pelajari tentang perawatan HIV yang masih bersifat eksperimental dan juga perawatan HIV standar, serta efek sampingnya. Untuk perawatan HIV standar akan coba kami bahas pada artikel selanjutnya di blog ini. Mudah-mudahan segera dapat sumbernya.
  4. Bicaralah dengan orang lain yang juga telah didiagnosis sebagai HIV-positif.

Carilah Layanan Dukungan untuk HIV-positif
Berbagai macam orang dapat membantu Anda dengan menyediakan dukungan emosional dan fisik yang dibutuhkan untuk dapat menerima diagnosis bahwa Anda HIV-positif. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil segera:
  1. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kelompok dukungan HIV dan AIDS setempat. Atau, mintalah rujukan ke seorang profesional kesehatan mental, seperti psikolog, psikiater, atau pekerja sosial klinis. Tentunya rujukan ini kalau Anda membutuhkan saja. Ada beberapa orang yang tidak suka bercerita dan lebih suka menyimpan. Yang penting, Andalah yang lebih tahu apa yang Anda butuhkan.
  2. Diskusikan dengan dokter Anda informasi yang Anda peroleh dari sumber manapun. Kadang beberapa sumber memang akurat, namun ada juga yang tidak.
Saat ini banyak tersedia sumber-sumber informasi online yang sangat baik. Untuk Indonesia, website KPA Nasional tentu masih merupakan rujukan yang utama. Dari website ini akan banyak link/ tautan juga ke berbagai sumber informasi lainnya. Blog Apa Itu HIV dan AIDS memang belum terlalu lengkap, namun jika Anda membutuhkan literatur, jangan sungkan, kami usahakan mengirimkannya kepada Anda secara cuma-cuma.

Akhirnya, tak ada kata menyesali diri… hidup ini masih panjang, nikmati dengan melakukan banyak hal-hal baik dan berguna.

Bacaan:

1 comment:

Bagwasi Stella said...

Saya Bagwasi Stella, saya didiagnosa HIV pada tahun 2015, saya telah mencoba semua cara yang mungkin untuk sembuh dari penyakit mematikan ini, tetapi terbukti gagal sampai saya melihat posting di forum kesehatan tentang kastor mantra yang gips penyembuhan herbal mantra untuk menyembuhkan semua jenis penyakit termasuk, Multiple Sclerosis, ALS, HIV AIDS, KANKER, lupus, Ghonorrhea, Syphillis, MND, rheumotoid, Herpes dll, pada awalnya saya meragukan hal itu tetapi memutuskan untuk mencobanya ketika saya menghubunginya, dia membantu saya melemparkan penyembuhan herbal mantra untuk HIV dan saya benar-benar sembuh dari penyakit mematikan dalam waktu 14 hari, hubungi penyembuh herbal ini kuat sekarang ke obat untuk segala jenis penyakit dapat disembuhkan melalui email-nya, DROZIEGBESPELLHOMECURE@GMAIL.COM memanggilnya atau Whatsapp +2348156769001