Monday, September 16, 2013

Beberapa Hal Tentang Mimpi Basah

Menjawab beberapa pertanyaan yang masuk di email apaituhivdanaids@gmail.com tentang mimpi basah, maka bersama ini disampaikan beberapa hal yang perlu diketahui tentang mimpi basah. Silahkan dibaca dan di-share ke rekan atau teman yang lain.
  1. Mimpi basah/ wet dreams (juga dikenal dengan istilah nocturnal emission) adalah hal yang normal, kondisi ini diyakini terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan pelepasan dari kondisi kadar hormon yang tiba-tiba menanjak pada masa remaja atau terjadi pada orang yang aktif secara seksual namun tiba-tiba "kekeringan" atau harus tidak berhubungan seksual dalam waktu lama.
  2. Apakah perempuan juga mendapatkan mimpi basah? Ya, tetapi pada mereka kondisi ini jauh lebih umum dan jauh lebih “berantakan” daripada yang dialami oleh laki-laki. Apa itu kondisi yang jauh lebih umum dan lebih “berantakan” akan dibahas di artikel-artikel yang akan datang.
  3. Perlu diketahui bahwa masturbasi bisa, tapi tidak selalu, menghentikan mimpi basah yang sifatnya sering. Kadangkala laki-laki yang “teratur” melakukan masturbasi bisa saja tetap mengalami mimpi basah ini.
  4. Beberapa ahli berteori bahwa mimpi basah adalah salah satu dari banyak cara alam bawah sadar yang dikelola tubuh untuk menangani stress. Oleh karenanya mimpi basah tampaknya terjadi lebih sering pada remaja dan dewasa muda karena kelompok usia ini diperkirakan berada di bawah tekanan yang ekstrim.
  5. Mimpi basah tidak diinduksi atau dipicu oleh obat. Tidak ada satu obatpun yang jika diminum maka malam harinya anda akan mimpi basah.
  6. Mimpi basah tidak berhubungan dengan adanya sinyal kelainan seksual atau berarti Anda menyimpang secara seksual.
    Gambar diambil dari presentasi Kesehatan Reproduksi oleh Rachmat Willy, 2008
  7. Mimpi basah tidak ada hubungannya dengan anda akan menjadi gay atau “straight”, jenis mimpi basah Anda tidak akan mewakili seksualitas Anda.
  8. Mimpi basah tentang subyek tabu seperti: inses (hubungan seks dengan saudara/ orangtua sendiri), hewan, perkosaan, seks dengan atasan atau orang yang tua, seks umum, seks berkelompok, dan homoseksualitas adalah hal yang biasa/umum dan itu tidak ada hubungannya dengan preferensi seksual Anda saat anda terjaga (tidak berarti Anda diam-diam ingin melakukan hal-hal tersebut).
  9. Tidak ada alasan untuk merasa bersalah jika Anda mengalami mimpi basah, hal itu terjadi secara bawah sadar dan tidak dapat dengan mudah dikontrol atau dimanipulasi.
  10. Banyak orang mengalami mimpi basah dan bahkan tidak tahu bahwa itu terjadi, pada laki-laki “kekacauan” pagi hari (morning mess) adalah satu-satunya bukti bahwa dia mengalami mimpi basah. Sedangkan pada perempuan bisa saja tidak terdeteksi. Hal inilah yang mungkin merupakan fakta bahwa sebenarnya perempuan lebih sering mengalaminya ketimbang laki-laki namun dalam beberapa laporan juga disampaikan bahwa perempuan lebih jarang mengalaminya dibanding dengan laki-laki.
Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan email atau tinggalkan pesan di laman Facebook Apa Itu HIV dan AIDS. Mari bantu sebarkan informasi tentang HIV, AIDS, IMS dan Kesehatan Reproduksi dengan lengkap dan benar!

No comments: