Wednesday, January 30, 2013

PrEP: Alat baru untuk pencegahan HIV?

Pra eksposur* profilaksis, atau PrEP, adalah alat pencegahan baru untuk infeksi HIV. PrEP menggunakan metode di mana orang-orang yang tidak memiliki infeksi HIV minum pil setiap hari untuk mengurangi risiko terinfeksi. Pil tersebut mengandung obat-obatan yang mencegah HIV membuat virus baru sejak virus memasuki tubuh. Dengan cara ini obat PrEP dapat membantu menjaga virus agar tidak membuat infeksi permanen.
Tenovir drug
 
Menyediakan obat pencegahan sebelum terkena kuman atau virus bukanlah praktek baru dan telah digunakan untuk mencegah penyakit lainnya. Misalnya, ketika orang melakukan perjalanan ke suatu daerah di mana malaria adalah umum, mereka disarankan untuk minum obat malaria sebelum dan selama perjalanan untuk mencegah terinfeksi jika digigit oleh nyamuk pembawa parasit malaria. Namun, penggunaan obat untuk mencegah infeksi HIV baru-baru ini telah dievaluasi. Bila digunakan secara konsisten, PrEP telah terbukti mengurangi risiko infeksi HIV di antara orang dewasa yang berisiko sangat tinggi untuk infeksi HIV melalui hubungan seks, termasuk laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki dan heteroseksual-aktif baik pria ataupun wanita. CDC juga mengevaluasi efektivitas PrEP dalam mencegah infeksi HIV di antara individu terpapar HIV melalui narkoba suntik, namun hasil tersebut belum tersedia.
 
Untuk beberapa individu yang berisiko sangat tinggi untuk eksposur seksual HIV, PrEP mungkin merupakan tambahan metode pencegahan sangat dibutuhkan - tetapi tidak akan cocok untuk semua orang. PrEP adalah pendekatan intensif yang membutuhkan kepatuhan yang ketat untuk minum obat setiap hari dan secara teratur melakukan tes HIV. PrEP tidak dimaksudkan untuk digunakan secara tunggal, melainkan dalam kombinasi dengan metode pencegahan HIV lainnya. Jika digunakan secara efektif dan oleh orang yang beresiko sangat tinggi, PrEP mungkin dapat memainkan peran dalam membantu untuk mengurangi jumlah infeksi HIV baru di Amerika Serikat. Atau bahkan di seluruh dunia?

Lebih lengkapnya silahkan klik link berikut: PrEP


*paparan, pajanan

No comments: